Posted by : Unknown

Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea. Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi di mana bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 KM persegi dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia dan pulau terbesar pertama di Indonesia.
 Jika dilihat dari karakteristik budaya, mata pencaharian dan pola kehidupannya, penduduk asli Papua itu dapat dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu Papua pegunungan atau pedalaman, dataran tinggi dan Papua dataran rendah dan pesisir. Pola kepercayaan agama tradisional masyarakat Papua menyatu dan menyerap ke segala aspek kehidupan, mereka memiliki suatu pandangan dunia yang integral yang erat kaitannya satu sama lain antar dunia yang material dan spiritual, yang sekuler dan sacral dan keduannya berfungsi bersama-sama.

Kelompok suku asli di Papua terdiri dari 25 suku, dengan bahasa yang masing-masing berbeda. Suku-suku tersebut antara lain:

  1.     Ansus
  2.     Amungme
  3.     Asmat
  4.     Ayamaru, mendiami daerah Sorong
  5.     Bauzi
  6.     Biak
  7.     Dani
  8.     Empur, mendiami daerah Kebar dan Amberbaken
  9.     Enggros
  10.     Fuyu
  11.     Hatam, mendiami daerah Ransiki dan Oransbari
  12.     Iha
  13.     Kamoro
  14.     Korowai
  15.     Mandobo/Wambon
  16.     Mee, mendiami daerah pegunungan Paniai
  17.     Meyakh, mendiami Kota Manokwari
  18.     Moskona, mendiami daerah Merdei
  19.     Muyu
  20.     Nafri
  21.     Sentani, mendiami sekitar danau Sentani
  22.     Souk, mendiami daerah Anggi dan Menyambouw
  23.     Tobati
  24.     Waropen
  25.     Wamesa

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

* Copyright © Explore Pesona Indonesia *